Thursday, February 6, 2014

Cara Membuat Atau Menciptakan Blog Untuk Pemula


          Membuat sebuah blog itu sebenarnya bisa dikatakan mudah, karna yang kita perlukan hanya koneksi internet yang lancar dan sebuah e-mail yang masih aktif. Yang sulit adalah pengelolaan blog, karna kita harus tekun, tidak bosan, dan punya waktu untuk mengelolanya. Namun kita belum masuk dalam langkah mengelola suatu blog, kita akan fokus terlebih dahulu dalam membuat sebuah blog.

okey mari kita mulai :



  • pertama kita perlu dan harus memiliki sebuah e-mail yang masih aktif untuk membuat blog baik itu yahoo ataupun gmail, (sedikit saran, sebaiknya gunakanlah e-mail dari google, karna seperti yang kalian tau search engine paling populer saat ini adalah google, memang tidak berpengaruh besar namun untuk memudahkan kalian dalam mengintegrasikan blog dan search engine yang ada) jika anda belum memiliki e-mail silahkan buat dahulu DISINI.
  • selanjutnya adalah memilih penyedia layanan blog, ada banyak penyedia layanan blog gratis maupun berbayar di internet, sebagai pemula sebaiknya lakukan misi yang easy dulu atau lebih tepatnya layanan blog gratis, dan jika sudah mahir silahkan anda lakukan misi yang expert. penyedia layanan blog gratis diantaranya blogger, wordpress, bravenet, livejournal, tumblr, webs, dan weebly. semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. namun disini kita akan membuat blog dengan penyedia layanan blogger (karna saya menggunakan blogger hahaha).
  • masuk ke www.blogger.com 
  • setelah masuk akan terlihat tampilan seperti berikut, masukkan e-mail dan sandi anda (saya gunakan e-mail tumbal sebagai contoh)
  • selanjutnya adalah tampilan berikut, anda dapat langsung memilih "lanjutkan ke blogger" atau anda atur sesuka anda


  • selanjutnya disinilah blog dibuat, klik "blog baru"


  • isikan judul, alamat dan template sesuai selera anda, judul dan template dapat anda ubah kapanpun namun alamat tidak seperti itu, alamat disini merupakan alamat dari blog anda, jadi buatlah alamat semenarik mungkin yang membuat alamat itu jadi satu-satunya di internet, lalu klik "buat blog"  contohnya http://daniwahyudin.blogspot.com/ 
  • jika anda melihat tampilan berikut, berarti anda telah berhasil membuat sebuah blog, selamat ^_^


sampai disini anda telah berhasil membuat sebuah blog, selanjutnya saya akan posting tentang cara membuat blog anda lebih menarik dan lebih atraktif



No comments:

Post a Comment

terima kasih, hal itu sangat membantu