Monday, May 4, 2015

Definisi Wirausaha



         Pengertian wirausaha berkembang sesuai dengan sudut pandang seseorang terhadap sepak terjang seorang wirausaha. Joseph Schumpeter mengungkapkan "entrepreneur as the person who destroys the existing economic order by introducing new products and services, by creating new forms organization, or by exploitation new raw materials" (Bygrave, 1994).
            Seorang wirausaha adalah orang yang melihat adanya peluang kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan peluang tersebut. pengertian wirausaha di sini menekankan pada setiap orang yang memulai sesuatu bisnis yang baru. proses kewirausahaan meliputi semua kegiatan fungsi dan tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu organisasi. Peter Drucker menyatakan bahwa wirausaha tidak mencari resiko, mereka mencari peluang (Osborne,1992). seorang inovator dan wirausaha yang terkenal dan sukses bukan sekedar penanggung resiko, tapi mereka mencoba mendefinisikan resiko yang harus mereka hadapi dan meminimalkannya.  jika seorang wirausaha berhasil mendifinisikan resiko kemudian membatasinya dan secara sistematis menganalisa berbagai peluang serta memanfaatkannya maka mereka akan dapat meraih keuntungan membangun sebuah bisnis besar.







Apapun profesi seseorang, jika ia memiliki jiwa kewirausahaan maka jiwa dan semangatnya berbeda. mereka akan menjadi lebih kreatif, efisien, inovatif, berpandangan terbuka (open mind). wirausaha tidak hanya berkaitan dengan usaha yang menawarkan produk berupa barang jadi seperti industri perdagangan, persewaan, makanan, tapi juga sektor jasa seperti konsultan, perhotelan, pariwisata, dll. seorang wirausaha haruslah memiliki watak yang mampu melihat kedepan. untuk mengetahui lebih lanjut, silahkan simak artikel tantang kepribadian seorang wirausaha.


No comments:

Post a Comment

terima kasih, hal itu sangat membantu