Tuesday, May 5, 2015

Kepribadian Wirausaha

      Terdapat beberapa definisi tentang kepribadian, salah satunya berasal dari teoritikus yang menyebutkan bahwa kepribadian merupakan bagian dari individu yang paling mencerminkan atau mewakili si pribadi, bukan hanya membedakan ia dengan orang lain, tapi yang lebih penting itu dirinya yang sebenarnya(Hall & Lindzey,2009).
          Seorang haruslah memiliki watak yang mampu melihat kedepan, yaitu melihat, berfikir, penuh perhitungan, serta mencari alternatif pemecahan suatu masalah. Secara umum kepribadian yang perlu dimiliki seorang wirausaha adalah :

1. Percaya Diri
         Percaya diri adalah keyakinan yang tumbuh dalam diri seseorang setelah melakukan penilaian terhadap kemampuan yang dimiliki. Orang yang percaya diri terlihat dari sikap-sikap berikut :
  • tidak tergantung pada orang lain
  • bertanggung jawab
  • objektif
  • kritis
  • emosinya stabil
  • berjiwa sosial
  • memiliki kedekatan dengan sang pencipta
        Kepercayaan diri sangat diperlukan oleh seorang wirausaha, namun sering terjadi kesalahpahaman antara konsep percaya diri. Percaya diri bukan berarti sombong, kadang orang awam membenturkan konsep percaya diri dengan percaya tuhan, sehingga mereka berfikir "tidak perlu percaya diri, yang penting percaya tuhan". 
        menurut penulis, percaya diri bukan berarti meniadakan peran tuhan. Justru percaya diri merupakan buah dari percaya tuhan. dalam Al qur'an disebutkan "allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya"(Q.S.Al Baqarah.286). artinya sebesar apapun tugas atau beban yang anda emban, anda pasti bisa mengatasinya karena pasti sesuai dengan kesanggupan anda. dan inilah inti dari pemikiran percaya diri.







Kalau melihat literaturnya, ada beberapa istilah yang terkait dengan persoalan percaya diri, yaitu :

  • Self-concept : bagaimana anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana anda melihat potret diri anda secara keseluruhan, bagaimana anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan.
  • Self-esteem : sejauh mana anda punya perasaan positif terhadap diri anda, sejauh mana anda punya sesuatu yang anda rasakan bernilai atau berharga dari diri anda, sejauh mana anda meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam diri anda.
  • Self-efficacy : sejauh mana anda punya keyakinan atas kapasitas yang anda miliki untuk bisa menjalankan tugas atau menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed). Ini yang disebut dengan general self-efficacy. Atau juga, sejauh mana anda meyakini kapasitas anda di bidang anda dalam menangani urusan tertentu. Ini yang disebut dengan specific self-efficacy.
  • Self-confidence : sejauh mana anda punya keyakinan terhadap penilaian anda atas kemampuan anda dan sejauh mana anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil. Self-confidence itu adalah kombinasi dari self-esteem dan self-efficacy (James Neill, 2005).
2. Merujuk pada tujuan akhir

             Setiap orang pasti memiliki tujuan. dalam dunia wirausaha, orientasi terhadap tujuan kedepan sangat penting artinya. seorang wirausahawan bisa berhasil biasanya karena ia memiliki visi kedepan yang berusaha ia capai dengan bersungguh-sungguh.
             Jalan menuju sukses tidak selalu mudah. seseorang kadang harus menempuh atau melakukan pekerjaan yang tampaknya remeh, membutuhkan banyak energi dan tidak bergengsi. Orang yang berorientasi pada hasil atau merujuk pada tujuan akhir, akan bersedia menjalani proses yang tidak mengenakkan taupun melakukan hal yang tidak disukai karena dirinya fokus pada tujuan yang ingin dicapai. misalnya seseorang yang akan memulai usaha membuka warung burger, maka ia harus bersedia bekerja keras, mulai dari membuat menu burger sampai melayani pembeli. Awalnya ia harus mengalami pasang surut, dagangannya tidak laku atau ada komplain dari pembeli, belum lagi harus "berani malu" karena harus agresif menawarkan dagangannya ke siapa saja, serta harus masuk menjadi anggota corps kaki lima. semua itu dilakukannya karena merujuk pada tujuan akhir "menjadi pemilik restoran burger". jika ia tidak bersedia melewati proses ini maka cita-citanya membuat restoran akan semakin jauh dari jangkauan.

untuk nomer 3, 4, 5, 6, dan 7 silahkan klik DISINI


No comments:

Post a Comment

terima kasih, hal itu sangat membantu